Meski judulnya cuma tukang pempek, tapi jangan salah. Omzetnya sebulan udah berjuta-juta. Gimana nggak, sekali open PO, pelanggan yang antri tuh banyak sekali. Sampai-sampai pesanan yang diterima dibatasi. Dia sesuaikan dengan kemampuan dan bahan yang tersedia.
Dulu, saya pikir jualan pempek tuh cuma bisa dibeli sama orang-orang dari kota yang sama aja. Soalnya, itu kan makanan ya. Kemungkinan basi saat pengiriman itu amat sangat memungkinkan. Sampai akhirnya, dia bilang begini ke saya.
"Bisa kok kirim ke Bogor."
Peranan Jasa Pengiriman Paket dalam Mendukung Bisnis Online
Belajar dari kisah teman saya itu, saya jadi paham bagaimana pentingnya peran jasa pengiriman paket untuk menunjang bisnis online. Sekarang ini bahkan bisnis kuliner pun bisa melebarkan sayapnya dengan bantuan jasa pengiriman paket. Salah satu contoh, ya teman saya tadi.
Buat dia, jasa pengiriman bukan hanya membantu dia mengirimkan pesanan-pesanan keluar kota saja. Dengan adanya jasa ini, dia juga bisa mendapatkan kemudahan untuk memperoleh bahan yang berkualitas dengan harga mudah. Di salah satu story-nya, saya pernah melihat berkardus-kardus ikan giling yang baru saja datang ke rumahnya.
"Sudah datang nih, sebentar lagi open order. Siap-siap ya," begitu katanya.
Dia juga sampaikan agar para pelanggan juga harus cepat-cepat pesan kalau memang tidak ingin kehabisan stok lagi. Berapa banyak sih stoknya? Dalam sekali slot pemesanan, dia bisa mendapat pesanan hingga 500 kotak. Jumlah yang amat luar biasa. Apalagi untuk dia yang mengerjakan semuanya sendiri.
Jumlah yang banyak itu bisa sampai dengan selamat juga karena peran jasa pengiriman. Kalau jasa yang dipilih tidak mampu mengirimkan pesanan dalam hitungan jam, bisa rugi besar. Alhamdulillah, hingga hari ini tidak sampai begitu.
Tips Memilih Jasa Pengiriman Paket
Saya sempat kepo dengan ini. Pasalnya, saya pernah membeli makanan online dari Depok. Sesampainya di rumah, makanan tersebut sudah rusak. Padahal, pedagangnya sudah berupaya menjaga kemasannya.
Di mana kesalahannya? Ternyata ada di jasa pengiriman. Salah memasukkan input data dan banyak kesalahan teknis lain. Makanan yang seharusnya datang kurang dari 24 jam jadi sampai 2 hari kemudian. Parah sih.
Penjualnya berulang kali meminta maaf kepada saya. Sebetulnya, saya tidak minta ganti rugi. Toh, dia sudah mengupayakan semuanya. Kesalahan juga bukan di penjual tapi pada pengiriman. Tidak berselang lama, dia mengirimkan sepaket makanan sebagai pengganti yang rusak itu. Alhamdulillah.
Well, memang betul-betul harus pilih-pilih jasa pengiriman. Salah pilih jasa bisa membuat pelanggan kecewa. Bahkan, bisa meninggalkan toko online tersebut. Ada beberapa tips yang sekiranya bisa dicoba untuk para pebisnis online dalam memilih jasa pengiriman paket.
1. Pilih jasa pengiriman yang punya sistem tracking
Sebagai pembeli, wajar jika mereka terus menerus menanyakan paket yang telah mereka beli. Sudah dikirim atau belum? Kalau sudah dikirim sampai mana?
Agar pembeli percaya, penting untuk memilih jasa pengiriman paket yang memiliki sistem tracking. Dengan sistem ini, bukan hanya kita yang dapat melacak paket kiriman, tapi juga pembeli. Dari sini, pembeli bisa tahu apakah kita sudah mengirimkan barang tersebut dan sudah sampai mana.
2. Memiliki rute jangkauan yang luas
Semakin lengkap rute pengiriman yang mampi dijangkau, maka semakin luas pula produk kita bisa dijangkau masyarakat. Produk yang awalnya bisa dijangkau tetangga kanan kiri dan teman dekat, lambat laun bisa makin meluas. Bahkan bisa tersebar ke seluruh pelosok negeri melalui jasa pengiriman.
3. Mampu menawarkan jaminan keamanan
Nggak mau dong paket yang kita kirimkan rusak di tengah jalan? Even pembeli nggak komplain ke kita, ini nggak enaknya bukan main. Asli. That's why, penting sekali untuk memilih jasa pengiriman barang yang menawarkan jaminan keamanan.
4. Menawarkan tarif yang kompetitif
Salah satu pertimbangan seseorang membeli suatu produk adalah ongkos kirim. Mereka akan pikir-pikir ulang untuk membeli produk kita, kalau ongkos kirimnya terlalu mahal. Dari pada membeli produk yang kita jual, lebih baik membeli produk dari toko online lain yang ongkos kirimnya lebih murah.
Oleh karena itu, tarif pengiriman juga akan menentukan kesuksesan bisnis kita. Bila kita ingin bekerja sama dengan salah satu jasa pengiriman, pertimbangkan hal ini. Apakah dia mampu memberikan tarif yang sekiranya bisa dijangkau target market kita atau tidak.
GoBiz, Kemudahan Pengiriman dalam Satu Genggaman
Dari seluruh tips tersebut, ternyata ada salah satu jasa pengiriman yang mampu memenuhi semuanya. Dengan aplikasi ini, kita bisa memilih untuk mengirimkan paket dengan GoSend atau GoBox sesuai kebutuhan kita. Kalau paket tersebut dimensinya tidak terlalu besar dan beratnya kurang dari 20 kg, kita bisa menggunakan GoSend. Bila lebih berat lagi, kita bisa menggunakan GoBox.
Apa bedanya dan apa saja fitur yang ditawarkan oleh keduanya? Kita simak penjelasan berikut ya.
Kemudahan Mengirimkan Barang Jualan dengan GoSend
Sudah tahu dong aplikasi ini? Bahkan di antara kita sudah cukup sering menggunakan layanan ini untuk mengirimkan barang ke orang lain. Apakah itu barang dagangan atau bukan. Kebanyakan orang mungkin hanya tahu fitur ini melalui aplikasi Gojek saja. GoSend bisa dijangkau melalui web portal juga, bahkan API.
GoSend Via Aplikasi Gojek
Dengan menggunakan aplikasi ini, kita bisa melakukan pengiriman paket dalam hitungan jam. Kita juga tidak perlu khawatir mengenai kapan barang kita bisa dikirim atau tidak. Karena, GoSend telah tersedia selama 24/7.
Melalui aplikasi ini, kita pun bisa melacak lokasi pengiriman secara real time. Sampai mana lokasi paket dan kurir, semuanya bisa kita lacak dengan mudah. Barang yang dikirim juga telah dilindungi oleh asuransi. Jadi, kita tidak perlu khawatir lagi.
GoSend Web Portal
Selain menggunakan aplikasi Gojek, GoSend juga bisa diakses melalui web portal. Dengan cara ini, kita bisa melakukan banyak pengiriman barang sekaligus.
Melalui web portal pula, kita tidak perlu khawatir ada perubahan harga saat peak hour. Setiap status transaksi juga bisa dilacak dengan mudah melalui notifikasi yang ada. Selain itu, pengiriman Gosend telah dilengkapi dengan asuransi tanpa tambahan biaya.
GoSend API
Terakhir, kita bisa memesan GoSend melalui sistem/website/aplikasi usaha yang kita miliki melalui integrasi API. Dengan cara ini, kita tidak perlu khawatir dengan harga saat peak hour. Kita juga bisa melakukan pembayaran invoicing bulanan. Selain itu, paket yang kita kirim juga akan langsung dapat dilacak penerima melalui SMS maupun aplikasi Gojek. Paketnya dilindungi asuransi hingga 10 juta pula.
Area Pengiriman GoSend
Pengiriman dengan GoSend dibedakan menjadi 2 macam. Pertama, instant delivery untuk pengiriman langsung paket yang sifatnya urgent sehingga barang bisa diterima secepatnya. Kedua, same day delivery untuk pengiriman paket yang tidak terlalu mendesak.
Pengiriman dengan instant delivery saat ini bisa dinikmati dari berbagai kota di seluruh Indonesia. Sementara untuk same day, ini hanya untuk wilayah Jabodetabek saja.
Pertanyaan yang sering ditanyakan saat orang akan menggunakan GoSend adalah apakah jasa pengiriman ini bisa menjangkau keluar kota? Jawabannya bisa. Kini, GoSend juga telah bekerja sama dengan Paxel untuk pengiriman barang keluar kota.
Kirim Barang Besar Lebih Mudah dengan GoBox
Kalau GoSend digunakan untuk pengiriman barang yang kurang dari 20kg, kita bisa menggunakan GoBox untuk mengirim barang jualan yang lebih dari 20kg. Tidak hanya itu, kita juga bisa menggunakannya untuk pengiriman barang dengan skala banyak dengan harga transparan.
Layanan ini kini telah hadir di 16 area di Indonesia. Mana saja area itu? Bali (termasuk Gianyar dan Tabanan), Balikpapan, Bandung, Cirebon, Jabodetabek, Karawang, Makassar, Malang, Medan, Palembang, Semarang (termasuk Ungaran), Serang, Solo, Surabaya (termasuk Gresik dan Sidoarjo), Tasikmalaya, dan Yogyakarta
Lalu, apa saja kemudahan yang ditawarkan oleh GoBox? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.
1. Proses pemesanan cepat
Kita bisa melakukan pemesanan GoBox secara langsung selama 24/7 sesuai kebutuhan.
2. Tidak ada harga ramai
Ingin melakukan pengiriman saat peak hour? Jangan khawatir. Kita tidak akan dikenai tambahan biaya bila melakukan pengiriman saat peak hour.
3. Mudah dilacak
Ini salah satu keunggulan GoBox juga. Kita bisa melacak posisi armada mulai dari penjemputan barang hingga sampai ke lokasi tujuan.
4. Tidak ada batasan jarak
Pengiriman dengan menggunakan GoBox juga tidak dibatasi oleh jarak. Ini amat sangat membantu pedagang online untuk mengiri barang dari gudang ke pengepul tanpa khawatir jarak lagi.
5. Pilihan armada yang beragam
Kita juga bisa memilih armada apa yang akan digunakan. Ada pick up bak, pick up box, engkel bak, dan engkel box yang bisa dipilih. Kita tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan pengiriman.
6. Dilindungi asuransi
Ini keunggulan lain yang membuat kita tidak perlu khawatir menggunakan GoBox. Paket yang kita kirimkan akan dilindungi oleh asuransi hingga 1 Milyar Rupiah.
Kesimpulan
Pemilihan jasa pengiriman paket akan amat sangat mempengarungi kelangsungan bisnis online yang dijalankan. Kalau sampai salah pilih, bukan hanya kita yang rugi, tapi pelanggan pun jadi enggan memesan kembali. Karena itu, gunakan jasa pengiriman yang terpercaya dan terjamin keamanannya.
Dalam hal ini, kita bisa memanfaatkan GoBiz untuk mendukung toko online kita. Selanjutnya, kita bisa pilih mau pakai GoSend atau GoBox. Yuk, percayakan pengiriman barang jualan ke GoBiz.