Ngeblogo - Branding Blog Dengan Pamer Penghasilan. Sobat Ngeblogo, kembali Ngeblogo suguhkan di hadapan sobat pembaca blog Ngeblogo semuanya, sebuah tulisan ringan dalam dunia perblogingan. Dunia blog yang notabenenya adalah dunia maya, dunia yang akan mudah diterobos sekat-sekatnya. Maka tulisan-tulisan yang mengangkat dan mengkaji ilmu perblogingan tentu akan terus digali dan terus ada. Entah berangkat dari asumsi-asumsi yang ada, atau atas dasar eksperimen, uji coba, meskipun sekadar pengalaman pribadi. Hal ini tentu perlu diapresiasi. Karena mengulas dan menuangkan permasalahan blogging lewat dunia tulis menulis adalah bagian dari karya manusia yang berbudaya. (Ciyeee...ngomong apa sih)
Meskipun begitu, kebebasan yang ada tetap harus bisa dikontrol agar tidak melanggar Undang-undang ITE (Informasi dan Transaksi Elektronik). Terus bagaimana mengontrolnya?
Sebagai blogger yang memang suka menulis bukan suka ngopy paste, kontrol dirinya adalah dengan cara bagaimana caranya agar apa yang kita tulis jangan sampai menjadi seperti ungkapan,"Tulisanmu adalah harimaumu". Jika tidak hati-hati, tulisan kita bisa menerkam kita sendiri. Bisa membahyakan diri kita sendiri.
Pada tulisan Ngeblogo yang berjudul Jangan Terburu-buru Daftar Google Adsense Agar Tidak Cepat Tumbang!, Ngeblogo sudah sampaikan bahwa para blogger yang sekaligus menjadi publisher Google Adsense kemudian memperlihatkan hasil pendapatannya di group-group blogger dan Adsense -tanpa suuzhan alias buruk sangka- sebenarnya bisa kita lihat karena beberapa tujuan, diantaranya:
1. Tujuan pamer (riya')
2. Tujuan penyemangat (motivasi)
3. Jawab pertanyaan
4. Tujuan branding blog/website
5. Biar diakui sebagai mastah/suhu
6. Tujuan anda apa?
Nah, pada point yang keempat, yaitu tujuan branding. Sangat besar kemungkinannya seorang blogger untuk tujuan branding. Entah branding dirinya sendiri maupun branding blog atau websitenya. Jika yang diajakan adalah blog atau websitenya, membranding dirinya pun pada hakikatnya adalah branding blog atau websitenya.
Sobat Ngeblogo, anda mungkin termasuk yang sering mendengar kata tersebut. Ada brand, ada branding. Tentang brand atau branding ini, infobrand.id menjelaskan:
Menurut Kotler Amstrong dalam diktatnya yang dikeluarkan tahun 2009, brand atau merek adalah suatu nama, kata, simbol, tanda, atau desain, atau kombinasi dari semuanya yang mengidentifikasi pembuat atau penjual produk dan jasa tertentu.
Sementara branding menurut Amalia E Maulana dalam tulisannya ialah suatu kumpulan kegiatan komunikasi yang dilakukan perusahaan dalam proses membangun dan membesarkan brand atau merek.
Nah, dari pengertian branding dapat kita ambil kesimpulan, bagi para blogger yang share penghasilan dengan tujuan branding, maka sebenarnya tujuan mereka pamer penghasilan adalah agar orang penasaran, orang tertarik, sehingga mereka punya rasa ingin tahu. Siapa sebenranya si blogger ini? Terus blog atau websitenya seperti apa kok bisa sampai memiliki penghasilan yang "wah banget"? Dengan seperti itu, maka termasuk cara untuk mendatangkan visitor menuju blog atau website yang sedang dibarnding. Semakin terkenal tentu semakin baik. Semakin banyak yang mencari di mesin pencari, maka blog atau website yang dimiliki akan kebanjiran trafik organik.
Jadi, tujuan share penghasilan semata-mata dalam kasus ini adalah untuk mengenalkan, membangun dan membesarkan blog atau website yang dimilki. Ya, tujuan branding tersebut!
Maka jika ada blogger yang share penghasilan sikap yang bisa kita ambil adalah nyantai, tenang, tidak usah komentar "Jiwa misqueen aku bergetar kuat!". hehehe...
Tapi juga tidak usah nyinyir dan sakit hati. Lha ngapain? Tidak ada gunanya kan?
Ambil sisi positifnya saja! Buat penyemangat diri kita agar kita dapat meraih seperti yang mereka dapatkan atau justru bahkan malah lebih dari itu.
Dan ...jangan lupa! Hasil share penghasilan dan kadang dikasih kisah perejuangan mereka, bisa kita buat dan olah menjadi artikel atau tulisan blog. Ngeblogo sendiri telah merasakannya. Lumayan. Jika sobat Ngeblogo mencari di Google nama mas timon, mas timon blogger, timon blogger, adiyoso blogger, insyaaAllah akan didapati artikel Ngeblogo di halaman page one Google. Kan lumayan, orang lain sibuk nyinyir, kita dapat ide buat tulisan. Hehehe
Demikian tulisan ringan Ngeblogo berjudul Branding Blog Dengan Pamer Penghasilan. Semoga bermanfaat dan menambah kajian dalam dunia blogging. Hapy blogging always.
Pada tulisan Ngeblogo yang berjudul Jangan Terburu-buru Daftar Google Adsense Agar Tidak Cepat Tumbang!, Ngeblogo sudah sampaikan bahwa para blogger yang sekaligus menjadi publisher Google Adsense kemudian memperlihatkan hasil pendapatannya di group-group blogger dan Adsense -tanpa suuzhan alias buruk sangka- sebenarnya bisa kita lihat karena beberapa tujuan, diantaranya:
1. Tujuan pamer (riya')
2. Tujuan penyemangat (motivasi)
3. Jawab pertanyaan
4. Tujuan branding blog/website
5. Biar diakui sebagai mastah/suhu
6. Tujuan anda apa?
Nah, pada point yang keempat, yaitu tujuan branding. Sangat besar kemungkinannya seorang blogger untuk tujuan branding. Entah branding dirinya sendiri maupun branding blog atau websitenya. Jika yang diajakan adalah blog atau websitenya, membranding dirinya pun pada hakikatnya adalah branding blog atau websitenya.
Sobat Ngeblogo, anda mungkin termasuk yang sering mendengar kata tersebut. Ada brand, ada branding. Tentang brand atau branding ini, infobrand.id menjelaskan:
Menurut Kotler Amstrong dalam diktatnya yang dikeluarkan tahun 2009, brand atau merek adalah suatu nama, kata, simbol, tanda, atau desain, atau kombinasi dari semuanya yang mengidentifikasi pembuat atau penjual produk dan jasa tertentu.
Sementara branding menurut Amalia E Maulana dalam tulisannya ialah suatu kumpulan kegiatan komunikasi yang dilakukan perusahaan dalam proses membangun dan membesarkan brand atau merek.
Nah, dari pengertian branding dapat kita ambil kesimpulan, bagi para blogger yang share penghasilan dengan tujuan branding, maka sebenarnya tujuan mereka pamer penghasilan adalah agar orang penasaran, orang tertarik, sehingga mereka punya rasa ingin tahu. Siapa sebenranya si blogger ini? Terus blog atau websitenya seperti apa kok bisa sampai memiliki penghasilan yang "wah banget"? Dengan seperti itu, maka termasuk cara untuk mendatangkan visitor menuju blog atau website yang sedang dibarnding. Semakin terkenal tentu semakin baik. Semakin banyak yang mencari di mesin pencari, maka blog atau website yang dimiliki akan kebanjiran trafik organik.
Jadi, tujuan share penghasilan semata-mata dalam kasus ini adalah untuk mengenalkan, membangun dan membesarkan blog atau website yang dimilki. Ya, tujuan branding tersebut!
Maka jika ada blogger yang share penghasilan sikap yang bisa kita ambil adalah nyantai, tenang, tidak usah komentar "Jiwa misqueen aku bergetar kuat!". hehehe...
Tapi juga tidak usah nyinyir dan sakit hati. Lha ngapain? Tidak ada gunanya kan?
Ambil sisi positifnya saja! Buat penyemangat diri kita agar kita dapat meraih seperti yang mereka dapatkan atau justru bahkan malah lebih dari itu.
Dan ...jangan lupa! Hasil share penghasilan dan kadang dikasih kisah perejuangan mereka, bisa kita buat dan olah menjadi artikel atau tulisan blog. Ngeblogo sendiri telah merasakannya. Lumayan. Jika sobat Ngeblogo mencari di Google nama mas timon, mas timon blogger, timon blogger, adiyoso blogger, insyaaAllah akan didapati artikel Ngeblogo di halaman page one Google. Kan lumayan, orang lain sibuk nyinyir, kita dapat ide buat tulisan. Hehehe
Demikian tulisan ringan Ngeblogo berjudul Branding Blog Dengan Pamer Penghasilan. Semoga bermanfaat dan menambah kajian dalam dunia blogging. Hapy blogging always.