Ngeblogo - Tingginya Nilai Klik Iklan Teks. Ngeblogolover, diantara model iklan yang banyak dipasang oleh para publihser Google Adsense adalah iklan teks atau text ads. Bahkan banyak blogger-blogger yang mendapatkan earning Adsense terbesar justru dari iklan teks atau iklan tautan daripada iklan-iklan format lainnya. Bahkan karena nilai kliknya yang bagus, iklan teks dimodel beberapa susun. Dan diantara keistimewaan iklan teks adalah sering nongol alias mudah tayang atau tampil pada blog/website ketika iklan dengan format lainnya pada blank alias kosong.
Jika dilihat dari dasboard akun Google Adsense, unit iklan yang ditawarkan adalah berupa Iklan Display, Iklan dalam feed, Iklan dalam artikel, Konten yang sesuai, dan iklan link (iklan matched content).
Dari pilihan beberapa unit iklan, rupanya tidak ada lagi unit iklan teks (text ad). Tidak munculnya iklan teks adalah perwujudan dari pemberitahuan Google Adsensen kepada para publishernya beberapa waktu yang lalu. Ngeblogo yakin, para pembaca yang juga seorang blogger sekaligus publisher Google Adsense juga sudah mendapatkannya.
Jika belum dapat dan penasaran seperti apa emailnya, berikut ini email lengkap yang Ngeblogo dapatkan akhir Mei yang lalu:
Perubahan penting pada unit iklan Google AdSense Anda
Google AdSense <adsense-noreply@google.com> 30 Mei 2019 18.22
kepada saya
Mei yang terhormat,
Kami melakukan investasi yang sangat besar guna memahami cara terbaik untuk meningkatkan performa iklan kami serta minat pengguna terhadapnya. Karena itu, kami terus-menerus memperbarui dan menyempurnakan format iklan kami. Anda mungkin telah melihat jenis iklan baru ini ditampilkan di situs Anda.
Kami berkomitmen untuk terus berinvestasi dalam modernisasi produk periklanan kami. Karena itu, ada beberapa perubahan penting yang kami lakukan pada beberapa fitur AdSense yang telah Anda gunakan atau konfigurasikan sebelumnya. Tab Iklan akan diperbarui dalam beberapa minggu mendatang untuk mencerminkan perubahan berikut:
Ukuran iklan
Kami telah mempermudah pembuatan dan pengelolaan unit iklan. Semua unit iklan akan dibuat Responsif secara default agar dapat disesuaikan dengan berbagai ukuran layar pada seluler dan desktop untuk penyempurnaan performa dan fleksibilitas. Jika memang membutuhkan penyesuaian lebih lanjut, Anda masih dapat membuat unit iklan berukuran kustom.
Jenis iklan
Kami akan beralih ke format iklan yang lebih kaya dan secara bertahap menghentikan penggunaan unit iklan khusus teks dan khusus display untuk terus menyempurnakan pengalaman pengguna, serta untuk secara lengkap mewakili penawaran iklan kami. Karena itu, unit iklan "Khusus Iklan teks" dan "Khusus iklan Display" di akun Anda telah diganti namanya menjadi "Iklan Display", dan akan diperbarui untuk menayangkan semua jenis iklan mulai awal 2019.
Gaya iklan teks
Kami menghentikan penggunaan gaya iklan teks untuk unit iklan "Iklan teks & Display". Mulai sekarang, Anda tidak akan dapat membuat gaya iklan untuk unit iklan baru. Unit iklan baru akan memiliki gaya iklan teks yang dioptimalkan Google. Karena fitur ini tidak lagi digunakan, gaya iklan yang ada juga akan dioptimalkan oleh Google pada bulan-bulan berikutnya. Untuk penyesuaian dan penyempurnaan pengalaman pengguna, Anda dapat menggunakan iklan native di situs Anda.
Penyederhanaan "Jika tidak ada iklan"
Kami terus berupaya meningkatkan kualitas dan keamanan jaringan iklan kami, serta mengurangi jumlah iklan berbahaya yang masuk ke Jaringan AdSense. Karena itu, kami menghapus opsi "Jika tidak ada iklan" dan, sebagai gantinya, akan menciutkan ruang iklan atau menampilkan ruang kosong secara default. Jika setelan Anda saat ini adalah warna atau URL lain, setelan tersebut akan diperbarui dalam waktu dekat dan setelan Anda saat ini akan berhenti ditayangkan dalam waktu dekat.
Eksperimen
Sebagai dampak dari perubahan di atas, kami juga menghapus eksperimen setelan unit iklan yang tidak digunakan lagi. Eksperimen unit iklan yang aktif akan dihentikan dalam beberapa minggu berikutnya. Bersamaan dengan ini, kami menghapus laporan eksperimen dari tab Laporan. Untuk jenis eksperimen yang tersisa, metrik gabungan masih akan tersedia di halaman detail eksperimen.
Kode sinkron
Pilihan untuk mengubah jenis kode iklan menjadi sinkron di akun AdSense tidak akan tersedia lagi. Jika memang membutuhkan kode iklan sinkron, Anda masih dapat memperbarui kode iklan Anda secara manual menggunakan panduan ini.
Untuk menyampaikan masukan, buka halaman Unit iklan, lalu klik tombol Masukan di menu navigasi utama. Kami sangat menantikan masukan dari Anda!
Demikian email lengkap dari Google Adsense
Google Tidak Lagi Menampilkan Iklan AdSense Khusus Teks
Jika belum dapat dan penasaran seperti apa emailnya, berikut ini email lengkap yang Ngeblogo dapatkan akhir Mei yang lalu:
*******
Perubahan penting pada unit iklan Google AdSense Anda
Google AdSense <adsense-noreply@google.com> 30 Mei 2019 18.22
kepada saya
Mei yang terhormat,
Kami melakukan investasi yang sangat besar guna memahami cara terbaik untuk meningkatkan performa iklan kami serta minat pengguna terhadapnya. Karena itu, kami terus-menerus memperbarui dan menyempurnakan format iklan kami. Anda mungkin telah melihat jenis iklan baru ini ditampilkan di situs Anda.
Kami berkomitmen untuk terus berinvestasi dalam modernisasi produk periklanan kami. Karena itu, ada beberapa perubahan penting yang kami lakukan pada beberapa fitur AdSense yang telah Anda gunakan atau konfigurasikan sebelumnya. Tab Iklan akan diperbarui dalam beberapa minggu mendatang untuk mencerminkan perubahan berikut:
Kami telah mempermudah pembuatan dan pengelolaan unit iklan. Semua unit iklan akan dibuat Responsif secara default agar dapat disesuaikan dengan berbagai ukuran layar pada seluler dan desktop untuk penyempurnaan performa dan fleksibilitas. Jika memang membutuhkan penyesuaian lebih lanjut, Anda masih dapat membuat unit iklan berukuran kustom.
Jenis iklan
Kami akan beralih ke format iklan yang lebih kaya dan secara bertahap menghentikan penggunaan unit iklan khusus teks dan khusus display untuk terus menyempurnakan pengalaman pengguna, serta untuk secara lengkap mewakili penawaran iklan kami. Karena itu, unit iklan "Khusus Iklan teks" dan "Khusus iklan Display" di akun Anda telah diganti namanya menjadi "Iklan Display", dan akan diperbarui untuk menayangkan semua jenis iklan mulai awal 2019.
Gaya iklan teks
Kami menghentikan penggunaan gaya iklan teks untuk unit iklan "Iklan teks & Display". Mulai sekarang, Anda tidak akan dapat membuat gaya iklan untuk unit iklan baru. Unit iklan baru akan memiliki gaya iklan teks yang dioptimalkan Google. Karena fitur ini tidak lagi digunakan, gaya iklan yang ada juga akan dioptimalkan oleh Google pada bulan-bulan berikutnya. Untuk penyesuaian dan penyempurnaan pengalaman pengguna, Anda dapat menggunakan iklan native di situs Anda.
Penyederhanaan "Jika tidak ada iklan"
Kami terus berupaya meningkatkan kualitas dan keamanan jaringan iklan kami, serta mengurangi jumlah iklan berbahaya yang masuk ke Jaringan AdSense. Karena itu, kami menghapus opsi "Jika tidak ada iklan" dan, sebagai gantinya, akan menciutkan ruang iklan atau menampilkan ruang kosong secara default. Jika setelan Anda saat ini adalah warna atau URL lain, setelan tersebut akan diperbarui dalam waktu dekat dan setelan Anda saat ini akan berhenti ditayangkan dalam waktu dekat.
Eksperimen
Sebagai dampak dari perubahan di atas, kami juga menghapus eksperimen setelan unit iklan yang tidak digunakan lagi. Eksperimen unit iklan yang aktif akan dihentikan dalam beberapa minggu berikutnya. Bersamaan dengan ini, kami menghapus laporan eksperimen dari tab Laporan. Untuk jenis eksperimen yang tersisa, metrik gabungan masih akan tersedia di halaman detail eksperimen.
Kode sinkron
Pilihan untuk mengubah jenis kode iklan menjadi sinkron di akun AdSense tidak akan tersedia lagi. Jika memang membutuhkan kode iklan sinkron, Anda masih dapat memperbarui kode iklan Anda secara manual menggunakan panduan ini.
Untuk menyampaikan masukan, buka halaman Unit iklan, lalu klik tombol Masukan di menu navigasi utama. Kami sangat menantikan masukan dari Anda!
*******
Demikian email lengkap dari Google Adsense
Google Tidak Lagi Menampilkan Iklan AdSense Khusus Teks
Berikut ringkasan semua yang diumumkan di email:
- Semua unit iklan akan dibuat Responsif secara default, meskipun publisher Google Adsense masih dapat membuat unit iklan berukuran khusus jika diperlukan.
- publisher Google Adsense tidak akan dapat membuat gaya iklan untuk unit iklan baru.
- Semua unit iklan baru akan memiliki gaya iklan teks Google yang dioptimalkan.
- Semua unit iklan baru akan memiliki gaya iklan teks Google yang dioptimalkan.
Google menghapus opsi "Jika tidak ada iklan" (If no ads available) dan sebagai gantinya akan menutup ruang iklan atau menampilkan ruang kosong.
- Google menghapus eksperimen pengaturan unit iklan.
- Laporan percobaan di tab Laporan juga akan dihapus.
- Mengubah jenis kode iklan untuk disinkronkan dari pengaturan akun AdSense tidak akan tersedia lagi.
- Google mencatat bahwa mereka telah banyak berinvestasi dalam memahami cara terbaik untuk meningkatkan minat pengguna pada iklan.
Legitnya Nilai Klik Iklan Teks
Masing-masing blogger mungkin berbeda pengalaman dari hasil nilai klik iklan yang didapatkan. Ada yang nilai klik iklan dengan format atau ukuran tertentu lebih besar nilainya daripada unit iklan lainnya. Atau kadang juga bergantian. Kadang kecil nilainya, kadang tinggi nilainya. Ada juga yang mengeluh karena iklan model iklan otomatis yang disediakan Google membuat BPK atau CPCnya terjun bebas. Tapi pengalaman blogger sekaligus publisher Google adsense lainnya yang memasang iklan otomatis justru memperoleh klik dan pendapatan yang berlipat-lipat. Ini pernah Ngeblogo jumpai ketika ikut komentar pada group Indonesian Adsense Publisher Discussion (IAPD) di Facebook bersama mas Imam yang melihatkan capture penghasilan Google Adsensennya mencapai ratusan ribu per hari dengan format iklan otomatis. Ya gitu dah, pengalaman masing-masing publisher rupanya berbeda-beda.
Seperti halnya yang dialami oleh mas Timon Adiyoso. Justru iklan tautan atau iklan teksnya lebih banyak menyumbang klik dan penghasilan setiap harinya. Pendapatan iklan dari model tautan saja bisa jutaan perharinya. Ngeblogolover bisa baca tulisan: Mas Timon, Blogger Dengan Penghasilan Jutaan Rupiah Perhari
Begitupun dengan Ngeblogo, iklan Tautan atau iklan teks, pagi-pagi sudah dapat nilai klik yang legit untuk ukuran blog lokal atau blog Indonesia. Pagi-pagi sudah dapat satu klik iklan tautan atau iklan teks yang nilainya 12 ribu. Coba misal dengan Biaya Per Klik (BPK) atau CPC bernilai sama, sehari semalam dapat 100 klik saja, sudah 12 ribu x 100 ketemunya 1,2 juta. Tapi tak semudah itu Ferguso! Hehehe... Beneran!
Pantas saja jika beberapa blogger masih memasang iklan model iklan teks atau iklan tautan ini. Dan tentunya yang bisa memasang adalah publisher-publisher lama yang dulu sudah punya kode iklan tautan atau iklan teks. Berbeda dengan publihser-publisher Google Adsense pemula, sudah ada perubahan peraturan dari pihak Google tentang penerapan iklan teks ini sebagaimana dibahas di atas.
Namun bagi para blogger pemula yang baru keterima jadi publsiher Google Adsense dan ingin mencicipi seperti apa hasil iklan tautan dan ingin mencoba memasang iklan tautan, tips membuat iklan tautan atau iklan link (iklan teks) pada akun AdSensne baru yang dishare oleh seorang blogger bernama Dhik pada group facebook Blogger Indonesia berikut bisa dicoba :
Pertama, tambahkan gadget unit iklan AdSense Link pada blogger (Nanti secara otomatis akan ada unit iklan link yang terbentuk di dashboard AdSense)
Kedua, Ubah unit iklan link ke format auto
Ketiga, tunggu 24 jam, maka unit iklan link akan tersedia
Jika berminat dan berani silahkan dicoba. Jika tidak berani tidak usah coba-coba! Ngeblogo juga tidak bertanggung jawab jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada akun Anda.
Namun yang perlu kita perhatikan berkaitan dengan tidak diberlakukannya lagi iklan teks dan format atau model unit iklan lainnya adalah bahwa perubahan yang dilakukan Google dirancang untuk membuat iklan lebih menarik bagi pengguna, yang kemudian menghasilkan lebih banyak klik dan penghasilan bagi penerbit AdSense. Jadi sebenarnya adalah untuk kebaikan para publsiher Google Adsense sendiri.
Masing-masing blogger mungkin berbeda pengalaman dari hasil nilai klik iklan yang didapatkan. Ada yang nilai klik iklan dengan format atau ukuran tertentu lebih besar nilainya daripada unit iklan lainnya. Atau kadang juga bergantian. Kadang kecil nilainya, kadang tinggi nilainya. Ada juga yang mengeluh karena iklan model iklan otomatis yang disediakan Google membuat BPK atau CPCnya terjun bebas. Tapi pengalaman blogger sekaligus publisher Google adsense lainnya yang memasang iklan otomatis justru memperoleh klik dan pendapatan yang berlipat-lipat. Ini pernah Ngeblogo jumpai ketika ikut komentar pada group Indonesian Adsense Publisher Discussion (IAPD) di Facebook bersama mas Imam yang melihatkan capture penghasilan Google Adsensennya mencapai ratusan ribu per hari dengan format iklan otomatis. Ya gitu dah, pengalaman masing-masing publisher rupanya berbeda-beda.
Seperti halnya yang dialami oleh mas Timon Adiyoso. Justru iklan tautan atau iklan teksnya lebih banyak menyumbang klik dan penghasilan setiap harinya. Pendapatan iklan dari model tautan saja bisa jutaan perharinya. Ngeblogolover bisa baca tulisan: Mas Timon, Blogger Dengan Penghasilan Jutaan Rupiah Perhari
Namun bagi para blogger pemula yang baru keterima jadi publsiher Google Adsense dan ingin mencicipi seperti apa hasil iklan tautan dan ingin mencoba memasang iklan tautan, tips membuat iklan tautan atau iklan link (iklan teks) pada akun AdSensne baru yang dishare oleh seorang blogger bernama Dhik pada group facebook Blogger Indonesia berikut bisa dicoba :
Pertama, tambahkan gadget unit iklan AdSense Link pada blogger (Nanti secara otomatis akan ada unit iklan link yang terbentuk di dashboard AdSense)
Kedua, Ubah unit iklan link ke format auto
Ketiga, tunggu 24 jam, maka unit iklan link akan tersedia
Jika berminat dan berani silahkan dicoba. Jika tidak berani tidak usah coba-coba! Ngeblogo juga tidak bertanggung jawab jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada akun Anda.
Namun yang perlu kita perhatikan berkaitan dengan tidak diberlakukannya lagi iklan teks dan format atau model unit iklan lainnya adalah bahwa perubahan yang dilakukan Google dirancang untuk membuat iklan lebih menarik bagi pengguna, yang kemudian menghasilkan lebih banyak klik dan penghasilan bagi penerbit AdSense. Jadi sebenarnya adalah untuk kebaikan para publsiher Google Adsense sendiri.